Monday, April 4, 2016

Wisata menarik di Purworejo yang Dapat Anda Kunjungi

Di tempat ini mungkin tidak cukup banyak yang tahu jika di Kabupaten ini banyak  tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Atau malah mungkinj justru tidak tahu purworejo dan bertanya purworejo dimana? Nah jika Anda sering naik kereta jarak jauh dan lewat jalur selatan maka secara tidak langsung Anda akan melewati kota Purworejo yang merupakan jalur utama kereta api di pulau Jawa. Jika Anda pernah mendengar stasiun Kutoarjo itulah stasiun terbesar yanng ada di kota Purworejo.

Selain itu kota yang satu ini juga sangat terkenal dengan kota sebagai penghasil buah durian. Tepatnya kabupaten ini terletak di perbatasan dengan kabupaten kulonprogo, DYI di sebelah timur. Sedangkan untuk bagian utara di kabupaten ini adalah daerh dataran tinggi karena terdapat banyak pegunungan serayu dan perbukitan menoreh. Nah dengan gambaran potografi seperti itu Purworejo memiliki tempat yang menarik untuk Anda kunjungi. Nah ingin tahu tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Meseum Tosan Aji
Tempat wisata menarik di Purworejo yang pertama adalah museum Tosan Aji. Museum ini merupakan slaah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi jika Anda sedang berjalan-jalan di Purworejo. Lokasi museum ini tepat berada du sebelah utara selatan alun-alun. Nama Tosan Aji sendiri berasal dari sejenis senjata yang terbuat dari logam. Pada saat tempo dulu Tosan aji merupakan tempat yang sangat terhormat. Sesuai dengan namanya musem ini menyimpan banyak koleksi berupa senjata seperti diantaranya tombak, keris dan pedang. Pembangunan museum ini di komando oleh menteri dalam negeri pada Orde Baru yaitu Soepardjo Rustam. Dan seiring dengan berjalannya waktu koleksi yang terdapat di dalam museum Tosan Aji semakin bertambah. Bukan hanya itu saja Tosan Aji bukan hanya sebatas sebuah museum yang menyimpan senjata saja tapi melainkan juga menyimpan vintage lainnya seperti arca, prasasti hingga gamelang.

Masjid Agung Purworejo
Setelah Anda berwisata di sebuah museum terkenal yang ada di Purworejo yaitu Tosan Aji, Anda bisa berlanjut berwisata religi dengan berkunjung di sebuah masjid Agung Purworejo. Masjid agung Purworejo ini berada tidak jauh dari alun-alun dan museum Tosan Aji. Untuk menuju ke Masjid Agung Purworejo Anda bisa berjalan ke arah utara Anda akan menemui bangunan masjid yang mungkin terlihat sekilas tidak begitu istimewa. Namun setelah Anda masuk dan melihat sebuah beduk yang terletak diserambi masjid itulah yang menjadi sebuah keistimewaan masjid agung Purworejo. Sebuah bedug yang konon merupakan yang terbesar di dunia. Bahan yang digunakan. Bedug ini dibuat dari bahan kayu jati utuh, bukan sambungan. Bedug ini dikenal dengan nama Bedug Kyai Bagelen. Bedug ini memiliki panjang 292 cm dengan diameter 194 cm di bagian depan serta 180 cm di bagian belakang. Bedug tua ini selesai dibuat pada tahun1837. Masjid Darul Muttaqien sendiri dibangun pada tahun 1834.

Curug Silangit
Sudah puas berwisata religi, di Purworejo juga terdapat tempat yang sangat bangus Anda kunjungi yaitu curuk silangit. Dari namanya saja sudah bisa kita banyangkan, silangin atau langit yang tinggi. Hal ini dikarenakan air terjun di Curug ini berada yang paling atas. Keberadaan curug ini di Kecamatan Kaligesing, tepatnya Desa Kaligono. Jaraknya sekitar 17 km dari pusat kota Purworejo.
Baca juga 


http://benergi.com/energi-biomassa-sebagai-energi-terbarukan
http://benergi.com/energi-pegas-dalam-ilmu-fisika
http://benergi.com/jenis-jenis-sumber-energi-alternatif
http://benergi.com/manfaat-sumber-energi-cahaya-matahari-bagi-kehidupan
http://benergi.com/penambangan-energi-panas-bumi-di-indonesia
http://benergi.com/perubahan-energi-dalam-kehidupan-kita
http://benergi.com/manfaat-energi-panas-bumi-sebagai-sumber-energi-alternatif
http://benergi.com/hukum-kekekalan-energi-prinsip-fisika

No comments:

Post a Comment